Senin, 30 Oktober 2017

Ali Imran:164

(لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ)
[Surat Ali 'Imran 164]

lewat @QuranAndroid

Nyata Allah telah mengkaruniakan kpd kaum beriman saat telah membangkitkan dalam mrk seorang rasul dr kalangan mrk. Ia akan membacakan kpd mrk ayat2Nya, juga akan mensucikan mrk, juga akan mengajari mrk sang kitab dan sang hikmah, dan meski keadaan mrk sebelumnya dr sungguh dalam sesat yg nyata. (Ali Imran:164)

(لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ * تَنْزِيلٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ)
[Surat Al-Waqi'ah 79 - 80]

lewat @QuranAndroid

Sang rasul tak akan memulai pengajaran sang kitab dan sang hikmah, tak akan menyentuhkan seorang kpd alquran sementara seorang itu belum tersucikan. Perhatikan bahwa hal ini oleh alquran dibedakan dr membacakan ayat2Nya.

Semua tahapan yg disebutkan, yakni pembacaan ayat2Nya, juga pensucian, juga pengajaran sang kitab dan sang hikmah, mensyaratkan keimanan, hakikat keimanan.

(هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ)
[Surat Al-Jumu'ah 2]

lewat @QuranAndroid

Sepertinya juga mensyaratkan hakikat buta huruf, buta huruf secara maknawi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar